Salah Satu Hits Lagu Ayah Ikang Fawzi Kami Tercinta

Get More Songs & Codes at www.stafaband.info

Kekasih Hati Marissa Haque

Kekasih Hati Marissa Haque
Para Kekasih Hatiku, Isabella, Chikita, dan Ikang Fawzi, 2009

Kamis, 22 Oktober 2009

Selamat Ulang Tahun Kompasiana & Kang Pepih Nugraha: Marissa Haque


Satu hal yang paling menggembirakan saya sebagai admin selepas onlinenya Kompasiana tampilan baru adalah gairah Kompasianer menulis dan antusiasnya pendaftar baru yang ingin berpartisipasi di Kompasiana. Jadilah Kompasiana kumpulan orang dengan berbagai latar belakang. Kompasiana tampil tegas sebagai social media, social blog, yang diramaikan kerumunan (crowd) penulis, pembaca, dan komentator.

Direktur Kompas.com Taufik Mihardja sebelumnya menjelaskan mengenai kegairahan orang menulis, yakni kegairahan yang timbul akibat terbatasnya ruang (space) pada media tradisional, cetak maupun elektronik. Hadirnya social blog seperti Kompasiana atau social media seperti Facebook atau Twitter, membuat warga biasa yang bukan jurnalis atau penulis sekalipun, berani menulis meski hanya sekedar menulis status. Dari menulis status dan mengomentari status, mulai berkeinginan menulis lebih lengkap lagi. Dari yang semula hanya komentator, hatinya tergerak kemudian untuk menulis artikel sendiri.

Begitulah sifat pembelajaran yang berlangsung melalui media online, khususnya social blog dan social media. Semua berlangsung secara alamiah tanpa paksaan dan tekanan. Ibarat pertemuan sebuah kerumuan, baik yang sudah saling mengenal maupun belum, sudah seharusnya berlangsung guyub, hangat, bersahabat, dengan semangat diskusi konstruktif, saling mengisi, saling mengoreksi. Yang lebih dulu tahu menjelaskan kepada yang kebetulan belum tahu atau kurang tahu. Yang belum tahu tidak sotoy (sok tahu) dan bersedia mendengarkan penjelasan yang sudah tahu. Yang belum tahu bisa juga mencari tahu lewat penelusuran informasi dan referensi, yang semuanya cukup dilakukan dari komputer/ponsel berinternet. Semua diskusi berlangsung dalam bentuk tulisan (written discusion).

Kompasiana tampilan baru dengan tagline “sharing.connecting” telah memberi kepercayaan sekaligus tanggung jawab kepada anggotanya (Kompasianer) dengan langsung menampilkan tanpa moderasi tim admin Kompasiana. Kesempatan dan kepercayaan ini sebaiknya dimanfaatkan dengan baik oleh para Kompasianer. You are what you are! Mulutmu harimaumu! Think before posting! Itu adalah kalimat-kalimat yang tidak akan bosan-bosannya saya sampaikan untuk sekedar mengingatkan. Memang admin akan memeriksa postingan yang ditayangkan dan laporan terhadap satu postingan akan disampaikan pembaca lainnya kepada admin. Tetapi, alangkah baiknya jika admin tidak harus mencabut satu postingan karena berbagai alasan seperti mempertentangkan SARA, berisi fitnah dan pornografi.

Saya teringat ucapan teman diskusi saya, Prof Ryaas Rasyid, yang suatu waktu mengatakan, pemerintah yang baik adalah pemerintah yang paling sedikit mengeluarkan peraturan dan menerapkan sanksi. Admin Kompasiana bukanlah pemerintah dan Kompasiana itu sendiri bukanlah negara. Akan tetapi, alangkah lebih baiknya jika Kompasiana tidak terlalu banyak mengatur apalagi menerapkan sanksi berupa pencabutan postingan/komentar atau malah pencabutan akun (please, jangan sampai deh).

Mari kita diskusi, mari kita saling mengisi, dengan terus memupuk gairah….. menulis!

Pengikut

Indonesiaku

Indonesiaku
Padamu Negri Marissa Haque

IT dan ICT di FEB, UGM

IT dan ICT di FEB, UGM
Tim ICT dan IT Sekelas Marissa Haque di FEB, UGM Angkatan 23B

B I L

B I L
Brother in Law (Ikang-Marissa, Soraya-Ekky, Shahnaz-Gilang)

Para Pemimpin Muda Indonesia

Para Pemimpin Muda Indonesia
Ikang Fawzi, dede Yusuf, Zulkieflimansyah, Marissa Haque

Entri Populer